Langsung ke konten utama

Ingredients #2

BAWANG BOMBAY (ONION)
Hasil gambar untuk onion

Jenis bawang ini sebenarnya memiliki nama latin Allium Cepa Linnaeus, dikenal di Indonesia dengan nama bawang bombai.

Hal ini terjadi karena dalam perjalanannya hingga mencapai Indonesia, bawang bombai dibawa oleh para pedagang yang berasal dari India, tepatnya kota Bombai atau yang sekarang dikenal dengan sebuta Mumbai.

Walaupun dibawa oleh pedagang India ke Indonesia, ternyata bawang ini berasal dari negara di Asia Tengah lainnya, kemungkinan Palestina.

Setelah sampai di Indonesia pada masa penjajahan Belanda, bawang ini kemudian dibudidayakan dan digunakan secara luas dalam berbagai masakan, baik makanan Tiongkok, Eropa, dan Indonesia.

Kandungan gizi 
Bawang bombay adalah bahan makanan rendah kalori yang kaya vitamin, mineral, antioksidan, serta serat. Bawang bombay sangat sedikit mengandung lemak jenuh dan sama sekali tidak mengandung lemak trans.

Dalam 100 gram bawang bombay, terkandung kurang lebih 40 kalori, 1,7 gram serat, 4,2 gram gula, 1,1 gram protein, dan 9,3 gram karbohidrat. Selain itu, bawang bombay juga mengandung vitamin B6, vitamin C, folat, dan kalium.


Manfaat Bawang Bombay
Zat-zat yang terkandung di dalamnya menentukan manfaat bawang bombay bagi tubuh. Beberapa klaim manfaat bawang bombay adalah mampu menurunkan risiko kanker lambung, kanker usus besar, kanker prostat, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kepadatan tulang.

Berikut manfaat lain dari bawang bombay berdasarkan penelitian:
Bawang bombay diduga efektif untuk menghilangkan bekas luka. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel yang mengandung ekstrak bawang bombay setidaknya selama 10 minggu, mampu memperbaiki tampilan bekas luka setelah operasi.
Kadar gula darah penderita diabetes dapat turun dengan mengonsumsi 100 gram bawang bombay setiap hari. Namun hal ini belum mendapat pembuktian yang cukup karena masih minimnya penelitian klinis untuk membuktikan teori tersebut.

Ekstrak dan minyak esensial bawang bombay dipercaya dapat menekan pertumbuhan bakteri.
Menurut penelitian, konsumsi bawang bombay diduga dapat meningkatkan kepadatan tulang.
Mengonsumsi bawang bombay juga diklaim dapat menurunkan risiko terhadap beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung, usus besar, dan prostat. Hal ini adalah karena antioksidan pada bawang bombay berperan sebagai antiradang dan mampu menurunkan risiko kanker tertentu.

Karaktersitik Bawang Bombay
Bawang bombai memiliki aroma yang khas bila dibanding dengan bawang merah biasa, umbinya terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Pohonnya tumbuh tegak ke atas, akarnya serabut dan tidak terlalu panjang (±10c), daunnya bebentuk seperti pipa namun pipih berwarna hijau tua dan berukuran lebih besar dibanding daun bawang merah biasa. Batang semunya merupakan pelepah daun dan menimbulkan jejak cincin-cincin, pangkal pelepahnya melebar dan menebal membentuk bengkakan besar yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, bengkakan itu sendiri adalah umbi bawang.






BAWANG MERAH (SHALLOT)
Hasil gambar untuk shallot
Tanaman bawang merah diyakini berasal dari daerah Asia Tenggara, yakni sekitar Banglades, India, dan Pakistan. Bawang merah dapat dikatakan sudah di kenal oleh masyarakat sejak ribuan tahun yang lalu, pada Zaman Mesir Kuno sudah banyak orang menggunakan bawang merah untuk pengobatan.
Dari Eropa Barat, bawang merah ini menyebar luas sampai ke daratan Amerika, hingga Asia Timur dan Tenggaranyang berkaitan dengan pemburuan rempah-rempah oleh bangsa Eropa di benua Asia.


Sejak zaman Mesir Kuno masyarakat sudah mengenal bawang merah dan digunakan tidak hanya sebagai bumbu masak, tetapi juga sebagai bahan pengobatan. Menurut penelitian, bawang merah mampu menurunkan kadar gula dan kolesterol tubuh.

Manfaat Bawang Merah
Pengaruh yang lainnya dapat menghambat penumpukan trombosit, meningkatkan aktivitas fibrinolitik tubuh sehingga dapat memperlancar aliran darah. Bawang merah juga mampu memobilisasi kolesterol dari tempat penimbuhannya. Hal inilah yang menyebabkan bawang merah dapat menahan kencing manis, dan mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi penyakit kencing manis dengan penyakit jantung, dan sebagainya.
· Obat luka lama
Untuk mengobati luka lama, bawang merah dapat digunakan dengan sedikit campuran minyak kalapa dan garam dapur.
· Obat Sakit Maag
Untuk mengobati sakit maag dapat juga diredahkan dengan ramuan bawang merah. Hanya dengan cara membersihkan bawang merah dengan air bersih dan langsung dimakan mentah-mentah.
· Masuk angin atau Meriang
Untuk mengobati anak-anak yang masuk angina tau meriang dapat diobati dengan bawang merah, cara membuatnya pertama bawang dikupas kemudian di parut, kemudian campurkan dengan sedikit minyak kelapa dan minyak kayu putih, lalu lumuri keseluruh tubuh.

Kandungan Gizi
Berikut ini adalah Kandungan Gizi Bawang Merah mentah pada setiap 100 gram-nya.
Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori (Energi)72kcal (301 kJ)3,6%
Karbohidrat16,8g13%
Air79,8g
Protein2,5g5%
Gula7,87g
Serat3,2g
Lemak0,1g0,5%
Vitamin C8mg10%
Vitamin D
Vitamin E0,04mg0%
Vitamin K0,8µg1%
Vitamin B1 (Thiamine)0,06mg5%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,02mg2%
Vitamin B3 (Niacin)0,2mg1%
Vitamin B60,345mg27%
Vitamin B9 (Folat)34µg9%
Kalsium37mg4%
Zat Besi1,2mg9%
Magnesium21mg6%
Manganese0,292mg14%
Fosfor60mg9%
Potassium (Kalium)334mg7%
Sodium12mg1%
Seng (Zinc)0,4mg4%

Karaktersitik
Bawang merah memperbanyak diri dengan  menggunakan umbi lapis (perkembang biakan dengan cara vegetatif). Bawang merah adalah tanaman setahun (semusim) yang berbentuk rumput. Ciri morfologi tanaman bawang merah yaitu batangnya pendek sekali hampir tidak kelihatan. Akaranya merupakan akar serabut. Daunnya panjang. Daun tersebut akan membengkak membentuk umbi lapis.




DAUN BAWANG (LEEK)
Hasil gambar untuk daun bawang


Bawang daun diduga berasal dari benua Asia yang memiliki iklim panas (tropis), terutama kawasan Asia Tenggara (Cina dan Jepang). Di Indonesia budidaya bawang daun mulanya ada di pulau Jawa (Jawa Barat dan Jawa Timur), terutama di dataran tinggi (pegunungan) yang berhawa sejuk (dingin), seperti Cipanas, Pacet (Cianjur), Lembang (Bandung) dan Malang (Jawa Timur). Pada mulanya, bawang daun tumbuh secara liar. Kemudian, secara berangsur-angsur sesuai dengan perkembangan peradaban manusia dibudidayakan sebagai bahan sayur (daun dan batang) dan bahan obat (akar, batang dan daun).

Manfaat Daun Bawang

  • Sumber zat besi
Kandungan zat besi yang ada di dalam daun bawang baik untuk menjaga kesehatan sel-sel darah merah, meningkatkan kesehatan hemoglobin, dan mampu memperkuat sel jaringan di tubuh.

  • Memiliki kandungan serat yang baik
Tingginya kandungan serat yang ada di dalam daun bawang baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Serat juga baik untuk mencegah Anda dari resiko sembelit.

  • Tinggi akan kalium
Siapa yang menyangka bahwa daun bawang juga tinggi akan kalium? Kalium bermanfaat untuk mengatur kadar cairan tubuh, mengurangi masalah jantung, dan mencegah kram otot.

  • Baik untuk kesehatan jantung
Suatu senyawa bernama cycloaliin yang ditemukan di dalam daun bawang bermanfaat untuk melindungi jantung Anda dari berbagai macam penyakit. Senyawa ini juga berfungsi untuk mengencerkan darah dan mengurangi resiko penyakit aterosklerosis.

  • Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Daun bawang yang sering ditambahkan dalam sup bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah tubuh Anda dari pilek, demam, dan flu.

  • Rendah kalori
Daun bawang merupakan termasuk jenis sayur-sayuran, sehingga daun bawang rendah akan kalori.

  • Tinggi akan anti oksidan
Daun bawang memiliki zat anti oksidan yang bernama quercetin dan kemferfol yang baik baik untuk kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan.

  • Memiliki sifat anti diabetes
Daun bawang mengandung phyto-kimia yaitu allium dan alil disulfida yang memiliki sifat anti diabetes. Zat ini membantu mencegah degradasi insulin dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa.

  • Baik digunakan untuk mengobati cacingan
Apabila buah hati Anda menderita cacingan, jangan ragu untuk memberikan daun bawang sebab daun bawang mampu digunakan untuk mengobati cacingan.

  • Mampu mengobati infeksi
Daun bawang memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus sehingga baik untuk mengobati infeksi dan luka yang ada di dalam tubuh.

Ternyata di balik bentuknya yang kecil, daun bawang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Jadi jangan buang daun bawang yang ada di dalam suatu masakan.

Karaktersitik
Bawang daun (Allium fistulosum L.) termasuk jenis tanaman sayuran daun semusim (berumur pendek). Tanaman ini berbentuk rumput atau rumpun dengan tinggi tanaman mencapai 60 cm atau lebih, tergantung pada varietasnya. Bawang daun selalu menumbuhkan anakan-anakan baru sehingga membentuk rumpun. Secara morfologi, bagian atau organ-organ penting bawang daun adalah akar, batang, daun, bunga, biji.

Kandungan Gizi

100 Gram (G)

Daun Bawang

Informasi Gizi
Ukuran Porsi
100 gram (g)
Per porsi
Energi
255 kj
61 kkal
Lemak
0,3g
Lemak Jenuh
0,04g
Lemak tak Jenuh Ganda
0,166g
Lemak tak Jenuh Tunggal
0,004g
Kolesterol
0mg
Protein
1,5g
Karbohidrat
14,15g
Serat
1,8g
Gula
3,9g
Sodium
20mg
Kalium
180mg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis- jenis Lettuce

1. Lollo verde Di Indonesia, dikenal juga dengan sebutan selada keriting. Memiliki daun yang ramping dengan bagian ujung bergelombang. Tulang daunnya empuk, berwarna putih. Biasanya daun selada keriting ini berwarna hijau muda hingga kuning muda. Cita rasanya netral, cocok dipadukan dengan beragam dressingg. 2.    Lollo rosso Berada pada kategori yang sama dengan selada keriting. Bedanya, jenis dedaunan ini ujungnya berwarna kemerahan. Teksturnya lembut, namun tetap renyah. Dipercaya mengandung antioksidan jenis quercetin yang tinggi. Kerap digunakan sebagai campuran dalam mesclun. 3.    Iceberg lettuce  (Head lettuce) Kerap disebut selada bokor. Merupakan jenis selada dengan bonggol yang besar dengan lembaran daun berlapis-lapis yang padat. Teksturnya renyah dengan cita rasa segar. Di beberapa negara Eropa, selada jenis ini hanya bisa ditemukan pada musim panas. Setelah dipanen, selada bokor harus segera dikonsumsi karena daya tahannya hanya sekitar 24 jam.Bentuknya lebih mirip kol,

Utensil and Equipment *6*

Paddle Atttachment Fungsi : cocok untuk mengaduk thin batter, adonan cake, dan mashing potato. material : cast iron cara membersihkan : dicuci dengan sabun bilas dengan air bersih dan keringkan. Dough Arm Fungsi : mencampur adonan roti, atau adonan ber ragi Material : cast iron Cara membersihkan : dicuci dengan sabun bilas dengan air bersih dan keringkan. Bowl chopper Fungsi : alat pencampur daging, biasa digunakan untuk mencampur adonan bakso. Material : iron cara membersihkan : dibersihkan bagian yang kotor dengan kain basah lalu keringkan. Sheet pan Fungsi : tempat memanggang cake, rolls, cookies dan memanggang daging atau ikan. Material : stainless steel cara membersihkan : dicuci dengan sabun bilas air bersih dan keringkan. Roasting Pan  Fungsi : roasting daging dan poultry Material : stainless steel cara membersihkan : dicuci dengan sabun bilas air bersih dan keringkan. Fish Poacher  Fungsi : untuk merebus ikan

Daily Activity #6

Assalamualaikum wr.wb Hari ini kami oneline sebelum jam 8 dengan leader yang sama yaitu kak Alkis, kak Alkis mengabsen satu-persatu dan memeriksa ketajaman pisau kami. Nah setelah itu barulah kami memulai pembuatan rujak mie dan dojang nakeng. Prepar-an yang telah kami siapkan kemarin, yaitu sauce untuk rujak mie nya lalu timun yang sudah di potong lalu hari ini kkami merebus mie nya hingga matang lalu merendam sounnya. Lalu pembuatan dojang nakeng kami merebus prawn stock yang sudah di buat kemarin lalu merebus udang dan cumi didalam prawn stocktersebut.  Lalu mie untuk rujak mie sudah matang, dan kami menggoreng ikan beserta tofunya. untuk dojang nakeng prawn sama cumi yang sudah di rebus kemudian di campur dengan spice yang telah dibuat dan sesuaikan rasanya. semua telah siap lalu di plating untuk dibawa ke restoran. Ini adalah sejarah sedikit mengenai tofu,  Berbeda dengan tempe yang asli Indonesia, tahu justru berasal dari Tiongkok. Asal katanya diambil dari serapan b