Langsung ke konten utama

Ingredients #6

SALT 
Hasil gambar untuk GARAM


Garam tercatat ditemukan pada abad 9-15 masehi, dimana garam merupakan suatu komoditi yang diangkut dengan transportasi air. pada waktu itu garam diperoleh dengan cara kuno dan erat kaitannya dengan proses pengawetan ikan/pengasinan ikan. Produksi garam di Indonesia sebelum dikuasai oleh pemerintah kolonial Belanda, hampir seluruh tambak-tambak garam dikuasai orang Tionghoa. Lalu Pemeritah Kolonial Belanda mengambil alih tambak-tambak besar di daerah Gresik, Sumenep (Madura) dan Jawa Timur. Pada Tahun 1813, Raffles memonopoli garam mulai dari produksi sampai dengan distribusi. Pada awalnya Pemerintah Kolonial Belanda hanya membeli garam dengan harga tetap kepada para petani garam. Lalu mereka membuka perusahaan dan mengambil alih seluruh produksinya pada tahun 1936 (Sunjayadi, 2007)

Sistem yang dipakai pada saat itu, masih berlangsung dan diterapkan sampai sekarang. Para buruh bekerja membawa garam ke gudang, lalu garam dibersihkan dan dibentuk briket sebelum di distribusikan. Monopoli garam Pemerintah Kolonial Belanda semakin meluas ke pulau Sumatera dan Kalimantan. Sementara di wilayah barat daya Sulawesi produksi garam masih dikuasai pihak swasta. Pada jaman penjajahan Jepang, ketika pulau Jawa berhenti memproduksi garam, penduduk pulau Sumatera ramai-ramai merebus air laut untuk mendapatkan garam. Perusahaan garam yang telah dikuasai Pemerintah Kolonial Belanda berubah menjadi Perusahaan Negara pada tahun 1960 (Cribb 2004:382 dan Sunjayadi 2007)

MANFAAT GARAM
1. Mengatasi Jerawat

Manfaat garam yang pertama adalah mengatasi jerawat. Siapa yang tidak sebal saat ada jerawat tumbuh di wajah? Jerawat biasanya akan tumbuh saat Anda sedang stres, kurang menjaga kebersihan wajah, terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, dan lain sebagainya. Umumnya, Anda akan mengobati jerawat dengan salep jerawat atau jenis obat lainnya. Akan tetapi, jerawat bisa Anda obati dengah bahan alami yakni air garam. Caranya, campurkan segelas air dan satu sendok makan garam laut hingga garam larut dalam air. Celupkan bola kapas ke dalamnya dan aplikasikan pada area berjerawat. Biarkan hingga kering kemudian bilas menggunakan air biasa.
2. Mengatasi bau mulut

Manfaat garam bisa menghilangkan bau mulut, salah satu masalah yang kerap dialami oleh banyak orang. Bau mulut disebabkan oleh berkembangnya kuman dan bakteri di dalam mulut akibat kebiasaan malas menggosok gigi. Bau mulut bisa Anda atasi dengan cara berkumur dengan air garam. Anda hanya cukup menambahkan beberapa sendok garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, campurkan hingga garam larut. Lalu, gunakan larutan garam tersebut untuk erkumur dengan selama beberapa detik.
3. Mengobati luka

Jika Anda memiliki luka di kulit, cobalah untuk mengobatinya dengan air garam. Sebab, khasiat garam memiliki kemampuan anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan luka dengat cepat san mudah. Caranya, Anda hanya perlu mencampurkan garan dengan air hangat. Kemudian rendam luka Anda selama beberapa menit.
4. Mencegah kekurangan iodine

Manfaat garam berikutnya adalah mencegah kekurangan iodine. Garam beryodium adalah salah satu sumber yodium yang paling umum. Yodium sangat penting untuk memproduksi hormon tiroid. Ini adalah bagian yang sangat penting dari diet, karena tubuh tidak menghasilkan yodium secara alami. Tanpa jumlah yodium yang mencukupi, tiroid membesar sebagai upaya untuk memenuhi permintaan tubuh akan hormon tiroid. Ini dapat mengakibatkan kondisi serius seperti perkembangan gondok atau hipotiroidisme.

Tubuh juga membutuhkan hormon tiroid untuk perkembangan yang tepat dari otak dan struktur tulang selama kehamilan dan perkembangan anak. Jika ibu hamil atau ibu menyusui kekurangan yodium, anak-anak dapat menderita keterbelakangan mental. Asupan garam beryodium yang mencukupi dapat mencegah kekurangan yang berakibat fatal.
5. Menghidrasi Tubuh

Manfaat garam sangat penting untuk mempertahankan tingkat hidrasi tubuh. Sangat penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit untuk kelancaran fungsi organ. Elektrolit-elektrolit ini terutama mengandung magnesium, kalium, kalsium, dan natrium.


KANDUNGAN GIZI GARAM
Informasi Gizi
Ukuran Porsi
100 gram (g)
Per porsi
Energi
0 kj
0 kkal
Lemak
0g
Lemak Jenuh
0g
Lemak tak Jenuh Ganda
0g
Lemak tak Jenuh Tunggal
0g
Kolesterol
0mg
Protein
0g
Karbohidrat
0g
Serat
0g
Gula
0g
Sodium
38758mg
Kalium
8mg





MINYAK WIJEN
Hasil gambar untuk MINYAK WIJEN AESTHETIC


Minyak wijen telah digunakan pada tahun 600 SM di Assyria sebagai minyak goreng dan menjadi simbol status sosial.

Selain untuk memasak, orang Assyria juga menggunakan minyak ini untuk berbagai tujuan pengobatan.

Karena itu, menurut legenda Assyria ketika bumi terbentuk, minyak wijen menjadi semacam anggur bagi para dewa.

Bukti penggunaan minyak wijen juga ditemukan di India kuno, di mana minyak itu dianggap suci dan digunakan dalam ritual Hindu.


Minyak wijen diproduksi dengan memeras (pressing) biji wijen. Banyak pekerjaan mengekstrak minyak tidak dapat dilakukan secara mekanis, yang berarti bahwa pekerja harus melakukannya secara manual.

Warna minyak wijen berkisar dari kuning pucat hingga coklat kekuningan. Warna minyak yang lebih gelap dihasilkan dari biji wijen yang sudah dipanggang sebelumnya.

KANDUNGAN GIZI 
Informasi Gizi
Ukuran Porsi
1 sdt
Per porsi
Energi
166 kj
40 kkal
Lemak
4,5g
Lemak Jenuh
0,639g
Lemak tak Jenuh Ganda
1,876g
Lemak tak Jenuh Tunggal
1,786g
Kolesterol
0mg
Protein
0g
Karbohidrat
0g
Serat
0g
Gula
0g
Sodium
0mg
Kalium
0mg



MANFAAT MINYAK WIJEN 
Minyak wijen memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat itu tidak hanya dalam membuat masakan jadi nikmat saja. Namun, juga bisa memberikan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh secara umum. Berikut manfaat wijen sesuai dengan penelitian ilmiah.

  • Mengandung antioksidan yang tinggi

Minyak zaitun yang sering digunakan untuk makanan ternyata mengandung cukup banyak antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Antioksidan itu terdiri dari sesamol dan sesamiol. Dua antioksidan itu bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah terjadinya gangguan pada kerusakan sel akibat radikal bebas yang berbahaya.

Antioksidan yang tinggi akan membantu Anda dalam mengatasi radikal bebas baik dari dalam tubuh atau luar. Itulah kenapa kita disarankan untuk mengonsumsinya sebagai bagian dari makanan atau cukup dioleskan ke kulit sebagai obat topikal untuk mencegah masuknya radikal bebas.

  • Mengandung komponen antiinflamasi

Inflamasi adalah salah satu gangguan pada tubuh yang memicu masalah lebih parah. Oleh karena itu kita disarankan untuk mencegah terjadinya inflamasi yang berlebihan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengonsumsi makanan dengan komponen antiinflamasi seperti minyak wijen.

Dari beberapa tes yang dilakukan memakai minyak wijen, didapatkan informasi kalau minyak wijen mampu menurunkan inflamasi. Itulah kenapa pada pengobatan tradisional di Taiwan, minyak wijen banyak digunakan untuk mengatasi beberapa masalah seperti inflamasi di persendian dan sakit gigi yang menyebabkan pembengkakan.

  • Membantu mengontrol gula darah

Seseorang yang sedang mengalami diabetes biasanya disarankan untuk menjaga pola makannya dengan baik. Mereka tidak disarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan yang manis atau mengandung cukup banyak karbohidrat sederhana dan gula. Kalau pola makan bisa diatur, gula darah di dalam tubuh bisa segera distabilkan.

Salah satu indikator pengaturan gula darah adalah penurunan hemoglobin A1c. Kalau Kadar hemoglobin ini menurunkan, gula darah juga akan menurun. Nah, penurunan hemoglobin A1c ini bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi minyak wijen secara rutin setiap hari.

  • Membantu kesehatan jantung

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi lemak yang sehat. Lemak yang sehat ini biasanya jenis lemak tidak jenuh yang memicu gangguan di pembuluh. Anda harus mengonsumsi lemak sehat yang mengandung omega-3 atau omega-6.

Minyak wijen mengandung cukup banyak omega-6 yang merupakan salah satu komponen menjaga kesehatan jantung. Dari beberapa studi yang dilakukan, minyak wijen akan membuat jantung menjadi lebih sehat dan LDL atau kolesterol buruk yang menyebabkan masalah bisa diturunkan dengan sendirinya.

  • Membantu menyembuhkan luka

Kalau Anda memiliki luka ringan, kemungkinan besar bisa disembuhkan dengan minyak wijen. Anda cukup mengoleskannya apa luka setelah dibersihkan agar penyembuhannya berjalan dengan lebih cepat dari sebelumnya. Jangan aplikasikan minyak wijen pada luka yang terlalu besar karena akan berbahaya. Lakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu karena setiap orang memiliki kondisi fisik berbeda-beda.

  • Membantu mengatasi arthritis

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pengobatan tradisional di Taiwan penggunaan minyak wijen untuk mengatasi masalah persendian. Nah, kemampuan ini juga diteliti meski butuh pengembangan lebih jauh. Minyak dari biji wijen mampu mengatasi masalah artritis atau kaku dan nyeri di persendian yang kerap dialami mereka yang sudah lanjut usia.

  • Melindungi kulit dari sinar UV

Sinar UV atau ultraviolet menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit kalau paparan terus terjadi. Kalau Anda sering berada di luar, minyak wijen bisa digunakan untuk tabir surya. Oleskan di beberapa bagian yang membutuhkan, misal di tangan.

  • Kemungkinan meningkatkan kualitas tidur

Mengonsumsi minyak wijen sebagai bagian dari makanan juga bisa membantu seseorang dalam mengatasi masalah tidur. Kalau ada masalah tidur tidak nyenyak dan durasinya selalu pendek, minyak wijen akan membantu seseorang kembali ke siklus circadian.

Efek dari minyak wijen ini mungkin akan berbeda-beda di setiap orang. Oleh karena itu ubah juga kebiasaan buruk lainnya seperti merokok, minum alkohol, hingga terlalu banyak mengonsumsi kopi.







GULA MERAH
Hasil gambar untuk GULA MERAH AESTHETIC
Awalnya, bahan baku gula merah ( Gula jawa ) hanya dari tebu. Teknik membuat gula merah ( Gula jawa ) dari tebu, diketemukan di India pada zaman kekaisaran Gupta (abad ke 5 SM). Belakangan gula merah ( Gula jawa ) juga dibuat dari air nira sadapan bunga jantan aren, kelapa, dan lontar. Dari India, kultur membuat gula ini merambah China, Arab, dan Asia Tenggara termasuk Kepulauan Nusantara.
Pada abad-abad selanjutnya gula merah ( Gula jawa ) India dan Asia Tenggara, menjadi mata dagangan sangat penting di Timur Tengah, dan Eropa. Sebelumnya yang dikenal sebagai bahan pemanis di Timur Tengah hanya kurma dan madu. Budidaya tebu secara komersial untuk bahan gula merah ( Gula jawa ), dimulai di China pada zaman Kaisar Taizong (599 –649), dari Dinasti Tang.

Sebelum tahun 1800an, hanya dikenal gula merah ( Gula jawa ). Mengkristalkan gula putih dari bahan bit gula baru diketemukan di Eropa pada akhir tahun 1700an. Teknologi mengkristalkan gula putih dari bahan bit, kemudian dikembangkan untuk gula tebu. Sejak itu, agroindustri gula putih dari tebu berkembang pesat di Jawa, Amerika Tengah, dan Selatan.
Gula merah ( Gula jawa ) biasanya diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan. Bunga (mayang) yang belum mekar diikat kuat (kadang-kadang dipres dengan dua batang kayu) pada bagian pangkalnya sehingga proses pemekaran bunga menjadi terhambat. Sari makanan yang seharusnya dipakai untuk pemekaran bunga menumpuk menjadi cairan gula. Mayang membengkak. Setelah proses pembengkakan berhenti, batang mayang diiris-iris untuk mengeluarkan cairan gula secara bertahap. Cairan biasanya ditampung dengan timba yang terbuat dari daun pohon palma tersebut. Cairan yang ditampung diambil secara bertahap, biasanya 2-3 kali. Cairan ini kemudian dipanaskan dengan api sampai kental. Setelah benar-benar kental, cairan dituangkan ke mangkok-mangkok yang terbuat dari daun palma dan siap dipasarkan. gula merah ( Gula jawa ) sebagian besar dipakai sebagai bahan baku kecap manis.


KEGUNAAN GULA MERAH
Berikut adalah beberapa manfaat gula merah atau manfaat gula jawa yang berguna untuk tubuh Anda, di antaranya:
1. Melancarkan haid

Manfaat gula merah yang pertama adalah melancarkan siklus menstruasi. Bagi Anda yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur tidak adalah salahnya untuk mendapatkan manfaat gula jawa. Gula merah dipercaya memperlancar peredaran darah dalam tubuh sehingga membuat siklus haid normal. Bahkan, gula merah juga dipercaya mampu meredakan kram saat menstruasi datang.
2. Mencegah anemia

Gula merah memiliki kandungan yang kaya zat besi dan folat. Kedua kandungan tersebut ampuh dalam mencegah terjadinya anemia. Manfaat gula merah lanjutannya adalah mempertahankan kadar normal sel darah merah. Sering kali, gula merah dijadikan obat alami untuk mencegah anemia.
3. Mengatasi flu dan batuk

Gula merah juga sangat kaya akan antioksidan yang bisa membuat tubuh semakin kebal terhadap radikal bebas. Pada akhirnya, manfaat gula merah yang bisa dirasakan adalah sebagai terapi penyembuhan flu, batuk, dan demam.
4. Menurunkan berat badan

Dengan kadar potasium yang tinggi, manfaat gula jawa yang bisa didapatkan adalah meningkatkan proses metabolisme, membantu mengeluarkan racun dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsi gula merah dengan jumlah terkontrol hal itu dipercaya dapat menurunkan berat badan Anda.
5. Melawan radikal bebas

Manfaat gula merah lainnya adalah kemampuannya melawan efek radikal bebas. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, terutama selenium yang membantu mencegah berbagai efek radikal bebas

Selain itu, antioksidan yang dimiliki gula merah juga dapat mengurangi sejumlah tanda penuaan. Campuran gula merah dengan teh hangat dipercaya akan mengobati migrain dan sakit kepala.
6. Mengatasi kelelahan

Mengandung folat dan zat besi dalam jumlah yang tinggi, manfaat gula jawa yang bisa dirasakan adalah mencegah kelelahan dan juga rasa lemas yang merupakan gejala umum dari anemia.
KANDUNGAN GIZI 

Informasi Gizi
Ukuran Porsi
100 gram (g)
Per porsi
Energi
1577 kj
377 kkal
Lemak
0g
Lemak Jenuh
0g
Lemak tak Jenuh Ganda
0g
Lemak tak Jenuh Tunggal
0g
Kolesterol
0mg
Protein
0g
Karbohidrat
97,33g
Serat
0g
Gula
96,21g
Sodium
39mg
Kalium
346mg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis- jenis Lettuce

1. Lollo verde Di Indonesia, dikenal juga dengan sebutan selada keriting. Memiliki daun yang ramping dengan bagian ujung bergelombang. Tulang daunnya empuk, berwarna putih. Biasanya daun selada keriting ini berwarna hijau muda hingga kuning muda. Cita rasanya netral, cocok dipadukan dengan beragam dressingg. 2.    Lollo rosso Berada pada kategori yang sama dengan selada keriting. Bedanya, jenis dedaunan ini ujungnya berwarna kemerahan. Teksturnya lembut, namun tetap renyah. Dipercaya mengandung antioksidan jenis quercetin yang tinggi. Kerap digunakan sebagai campuran dalam mesclun. 3.    Iceberg lettuce  (Head lettuce) Kerap disebut selada bokor. Merupakan jenis selada dengan bonggol yang besar dengan lembaran daun berlapis-lapis yang padat. Teksturnya renyah dengan cita rasa segar. Di beberapa negara Eropa, selada jenis ini hanya bisa ditemukan pada musim panas. Setelah dipanen, selada bokor harus segera dikonsumsi karena daya tahannya hanya sekitar 24 jam.Bentuknya lebih mirip kol,

Utensil and Equipment *6*

Paddle Atttachment Fungsi : cocok untuk mengaduk thin batter, adonan cake, dan mashing potato. material : cast iron cara membersihkan : dicuci dengan sabun bilas dengan air bersih dan keringkan. Dough Arm Fungsi : mencampur adonan roti, atau adonan ber ragi Material : cast iron Cara membersihkan : dicuci dengan sabun bilas dengan air bersih dan keringkan. Bowl chopper Fungsi : alat pencampur daging, biasa digunakan untuk mencampur adonan bakso. Material : iron cara membersihkan : dibersihkan bagian yang kotor dengan kain basah lalu keringkan. Sheet pan Fungsi : tempat memanggang cake, rolls, cookies dan memanggang daging atau ikan. Material : stainless steel cara membersihkan : dicuci dengan sabun bilas air bersih dan keringkan. Roasting Pan  Fungsi : roasting daging dan poultry Material : stainless steel cara membersihkan : dicuci dengan sabun bilas air bersih dan keringkan. Fish Poacher  Fungsi : untuk merebus ikan

Daily Activity #6

Assalamualaikum wr.wb Hari ini kami oneline sebelum jam 8 dengan leader yang sama yaitu kak Alkis, kak Alkis mengabsen satu-persatu dan memeriksa ketajaman pisau kami. Nah setelah itu barulah kami memulai pembuatan rujak mie dan dojang nakeng. Prepar-an yang telah kami siapkan kemarin, yaitu sauce untuk rujak mie nya lalu timun yang sudah di potong lalu hari ini kkami merebus mie nya hingga matang lalu merendam sounnya. Lalu pembuatan dojang nakeng kami merebus prawn stock yang sudah di buat kemarin lalu merebus udang dan cumi didalam prawn stocktersebut.  Lalu mie untuk rujak mie sudah matang, dan kami menggoreng ikan beserta tofunya. untuk dojang nakeng prawn sama cumi yang sudah di rebus kemudian di campur dengan spice yang telah dibuat dan sesuaikan rasanya. semua telah siap lalu di plating untuk dibawa ke restoran. Ini adalah sejarah sedikit mengenai tofu,  Berbeda dengan tempe yang asli Indonesia, tahu justru berasal dari Tiongkok. Asal katanya diambil dari serapan b