Langsung ke konten utama

Ingredients #7

OLIVE OIL
Hasil gambar untuk olive oil
Pohon zaitun sendiri telah disebut-sebut sebagai salah satu spesies tanaman tertua di dunia. Bahkan masyarakat kuno Mesir telah memanfaatkan zaitun sebagai obat-obatan. Menurut bukti yang ditemukan, pohon zaitun telah ada di Mediterania Timur antara 8.000 dan 6.000 tahun yang lalu.
Asal muasal pohon ini masih diperdebatkan hingga sekarang. Namun, sebuah teori mengatakan, pohon zaitun pertama kali dibudidayakan dari pohon zaitun liar di perbatasan Turki dan Suriah.
Sejak zaman Alkitab, pohon ini telah menjadi lambang kesucian, kedamaian hingga persatuan. Sedangkan dalam literatur Islam, zaitun termasuk pohon yang diberkati Allah SWT.
Tak heran jika sejak zaman dulu pohon zaitun menjadi sumber pangan, minyak, kayu dan obat-obatan.

Beberapa manfaat kesehatan minyak zaitun mulai dari mencegah penyakit jantung, mencegah kanker usus dan payudara, menurunkan kadar gula darah, mencegah osteoporosis dan masih banyak lagi
Minyak zaitun menjadi satu-satunya minyak dari tumbuh-tumbuhan yang dapat langsung dikonsumsi setelah diperas dari buahnya.
Sebenarnya secara umum minyak ini bisa didapat dengan memeras buah zaitun tanpa melibatkan suhu panas atau bahan kimia. Minyak yang dihasilkan dinamakan extra virgin olive oil yang dianggap sebagai minyak zaitun paling berkualitas.
Beberapa varian minyak zaitun lainnya diambil dari perasan kedua dan ada pula yang telah mengalami rangkaian proses khusus seperti penyaringan, pemurnian dan masih banyak lagi.


KANDUNGAN GIZI
Tidak berlebihan jika extra virgin olive oil dinobatkan sebagai minyak yang paling bergizi. Kandungan nutrisinya sangat melimpah. Dalam satu sendok makan EVOO (13,5 gram) saja, terdapat:
  • Lemak jenuh 14%
  • Lemak tak jenuh tunggal 73%
  • Vitamin E 13%
  • Vitamin K 7%
  • 120 kalori

MANFAAT OLIVE OIL

1. Menghilangkan Bibir Hitam

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan vitamin K yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami. Cukup olesi bibir dengan minyak zaitun setiap hari.
2. Memerahkan Bibir

Selain menghilangkan bibir hitam minyak zaitun juga dapat Anda gunakan agar warna merah alami bibir Anda perlahan-lahan nampak.
3. Merawat Kesehatan Rambut

Rambut yang sering terkena touch up seperti diwarnai, diluruskan, dikeriting, atau apapun yang bersinggungan dengan obat kimia tentu akan mengalami penurunan fungsi seperti patah-patah, mudah rontok, kering, dan bahkan rusak. Dengan rutin mengoleskan minyak zaitun pada rambut, maka kandungan vitamin E nya akan memelihara kesehatan rambut.

Selain itu, rambut Anda juga semakin tebal dan bersinar secara alami. Jadi bagi Anda yang mengalami kebotakan pun bisa menggunakan minyak zaitun untuk merangsang pertumbuhan rambut.
4. Menebalkan Alis

Selain rambut, manfaat minyak zaitun untuk rambut lainnya adalah untuk alis. Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin E. Vitamin E akan senantiasa memelihara kesehatan rambut. Dengan kombinasi ini, maka Anda akan mempunyai alis yang lebat dan tentu saja natural.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus menggunakan minyak zaitun yang benar-benar alami, belum tercampur dengan bahan-bahan kimia.

6. Mengencangkan Kulit Wajah

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini.

Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Karena itulah minyak zaitun merupakan cara mengencangkan kulit wajah yang efektif.

CARDAMON
Hasil gambar untuk cardamon
Kapulaga (Amomum cardamomum) selama ini dikenal sebagai rempah untuk masakan dan juga lebih banyak digunakan untuk campuran jamu. Di beberapa daerah kapulaga dikenal dengan nama kapol, palago, karkolaka, dan lain-lain.


Orang Tionghoa menyebutnya pai thou kou (bahasa Tionghoa). Orang Yunani biasa menyebut cardamomom yang kemudian dilatinkan oleh orang Romawi menjadi cardamomum. Dalam bahasa Inggris disebut cardamom. Dalam bahasa Thai disebut krava, elaichi dalam bahasa Hindi, dan elakkaai dalam bahasa Tamil.


Semula kapulaga ditemukan tumbuh alamiah di daerah Pegunungan Malabar, pantai barat India. Karena laku di pasar dunia, kemudian banyak ditanam di Sri Lanka, Thailand, dan Guatemala. Di Indonesia mulai dibudidayakan sejak 1986.


Dalam perdagangan kemudian ditawarkan juga varietas kapulaga lain dari pegunungan tinggi Mysore (India) yang buah lonjongnya lebih membulat, dan lebih disukai karena lebih sedap. Berbeda dengan kapulaga Malabar yang tandan bunganya merayap, tandan bunga kapulaga Mysore tumbuh tegak.


Tanaman kapulaga merupakan tanaman herbal yang membentuk rumpun, bentuknya seperti tumbuhan jahe, dan dapat mencapai ketinggian 2-3 meter. pada umumnya kapulaga tumbuh di hutan-hutan yang masih lebat. Kapulaga hidup subur di ketinggian 200-1.000 meter di atas permukaan laut.


Tanaman kapulaga awalnya memang hidup liar, namun kini kapulaga dibudidayakan sebagai tanaman rempah. Tumbuhan berbatang basah ini memiliki batang berpelepah daun yang membalut batangnya. Letak daunnya berseling-seling. Bunga tumbuhan ini tersusun dalam tandan yang keluar dari rimpangnya.


Buahnya berbentuk bulat telur, berbulu, dan berwarna kuning kelabu. Buahnya berkumpul dalam tandan kecil dan pendek. Bila masak, buahnya akan pecah dan membelah berdasarkan ruang-ruangnya. Di dalamnya terdapat biji yang berbentuk bulat telur memanjang.


MANFAAT 


Sama seperti jenis jahe-jahen lainnya, kapulaga juga bisa dijadikan sebagai bumbu masakan. Tapi di samping manfaatnya sebagai penyedap rasa, kapulaga juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kapulaga bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui!
1. Mengurangi stres

Manfaat kapulaga yang pertama adalah untuk memperbaiki suasana hati dan mengurangi stres. Kapulaga ampuh sebagai obat herbal yang memiliki sifat antidepresan. Mengonsumsi dan juga menghirup aroma kapulaga dipercaya dapat memberikan efek sedatif atau menenangkan. Konsumsi kapulaga secara rutin dapat terus membuat mood Anda membaik dan Anda pun bisa mengurangi dan juga menghindari stres.
2. Melancarkan pencernaan

Manfaat kapulaga selanjutnya adalah sangat baik untuk menjaga saluran pencernaan. Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah dengan kandungan serat yang tinggi. Terdapat kandungan 2 gr serat untuk setiap satu sendok kapulaga. Maka dari itu, kapulaga sangat baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan.

Bagi Anda yang memiliki masalah sembelit atau sulit buang air besar, kapulaga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Selain mengatasi sebelit, kapulaga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan perut lainnya seperti mengontrol empedu dan asam lambung, mengatasi nyeri perut, mengatasi kejang usus, hingga memperbaiki nafsu makan.
3. Mencegah infeksi

Manfaat kapulaga yang ketiga adalah menjaga tubuh dari berbagai penyakit akibat infeksi. Kapulaga memiliki sifat antimikroba, sehingga kapulaga mampu untuk melawan berbagai jenis bakteri, virus, dan jamur tertentu yang bisa menyebabkan infeksi dan gangguan dalam tubuh. Bisa dikatakan bahwa kapulaga adalah salah satu jenis obat herbal yang ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
4. Obat nyeri

Manfaat kapulaga lainnya adalah ampuh dijadikan sebagai obat berbagai jenis nyeri. Kapulaga memiliki sifat analgesik yang mampu untuk meredakan ras nyeri. Selain itu, kapulaga juga ternyata memiliki sifat antiinflamasi yang bisa menyembuhkan berbagai macam peradangan yang mungkin mejadi penyebab nyeri yang dirasakan.

Beberapa penyakit yang bisa diatasi oleh kapulaga antara lain adalah sakit gigi, gusi bengkak, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, dan banyak gangguan tubuh lainnya.
5. Baik untuk tulang

Manfata kapulaga yang kelima adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Kapulaga mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tulang. Beberapa di antaranya adalah seperti vitamin C dan juga mangan. Zat-zat ini memiliki manfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan juga kesehatan tulang. Kepadatan tulang yang terjaga akan menghindarkan Anda dari penyakit osteoporosis.
6. Menjaga kesehatan ginjal dan saluran kencing

Sebelumnya disebutkan manfaat kapulaga yang ampuh dijadikan sebagai obat sembelit. Ternyata selain sebagai obat sembelit, kapulaga juga ampuh untuk menyelesaikan masalah buang air kecil. Kapulaga memiliki sifat diuretik yang berguna untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.

Salian itu, kapulaga juga ampuh untuk mencegah penyakit seperti infeksi saluran kemih (sistitis) dan juga peradangan pada ginjal (nefritis). Kesehatan ginjal dan saluran kemih yang terjaga akan sangat membantu dalam kelancaran sistem ekskresi tubuh.
7. Mengobati batuk dan pilek

Manfaat kapulaga selanjutnya adalah dapat mengobati batuk dan pilek. Kapulaga bisa memberikan efek menenangkan dan juga membantu mengencerkan dahak. Pernapasan pun menjadi lebih lancar. Rasa dari kapulaga juga mampu untuk memberikan efek hangat sehingga Anda juga bisa terhindar dari kedinginan.
8. Kesehatan mulut dan tenggotokan

Menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan ternyata juga merupakan salah satu manfaat kapulaga. Kapulaga dengan sifat antiinflamasinya bisa meredakan gejala seperti sariawan hingga radang tenggorokan. Kapulaga juga dipercaya ampuh untuk meredakan napas tidak sedap dan membuat napas menjadi lebih segar.

KANDUNGAN GIZI

Informasi Gizi
Ukuran Porsi
1 sdt, tumbuk
Per porsi
Energi
26 kj
6 kkal
Lemak
0,13g
Lemak Jenuh
0,014g
Lemak tak Jenuh Ganda
0,009g
Lemak tak Jenuh Tunggal
0,017g
Kolesterol
0mg
Protein
0,22g
Karbohidrat
1,37g
Serat
0,6g
Sodium
0mg
Kalium
22mg





FISH SAUCE
Hasil gambar untuk FISH SAUCE
Kecap ikan (fish sauce) adalah cairan yang diperoleh dari fermentasi ikan dengan garam. Kecap ikan biasanya digunakan sebagai bumbu untuk memasak, pencelupan seafood, dan makanan orang Timur, dibuat oleh nelayan sepanjang negara ASEAN. Nama kecap ikan di negara-negara ASEAN juga berbeda (Indonesia: petis; Thailand: nam pla, Filipina: patis; Jepang: shottsuru, dan Vietnam: nước mắm). Keunikan karakteristik kecap ikan adalah rasanya yang asin dan berbau ikan.


Di Vietnam kecap ikan (nouc mam) dibuat dengan menggarami ikan kecil-kecil yang telah dihaluskan dengan tangan dan disimpan di dalam wadah dari tanah, kemudian ditanam dalam tanah selama 3 hingga beberapa bulan. Satu liter nouc mam kualitas baik mengandung 15,85 gram total nitrogen (11,15 gram nitrogen organik dan 5 gram nitrogen amino), 270 gram sodium klorida, 0,5 gram CaO. Selain itu, nauc mam mengandung metil keton tinggi yang menyebabkan beraroma seperti keju, asam amino, basa dan asam volatil, serta histamin.

Di Filipina kecap ikan dibuat dengan menggunakan ikan kecil-kecil dan ikan shrimp (Atya sp). Proses pembuatannya sama dengan nouc mam, walaupun kurang komplet dan tanpa memerlukan pertimbangan waktu. Patis ini dibuat dengan mengeringkan sebagian kandungan air dalam fermentasi dengan merebusnya.

Di Thailand kecap ikan (nam pla) dibuat dari ikan-ikan Clupeidae dan dapat pula dari ikan kecil-kecil. Proses pembuatannya sama dengan nouc-mam tetapi biasanya lebih sederhana dengan waktu pemeraman 6 bulan, bahkan 2-3 tahun dianjurkan untuk menghasilkan produk yang lebih baik. Pendekatannya, 1 kg ikan akan menghasilkan 1 liter nam-pla. Di beberapa daerah Thailand, nam-pla juga kadang-kadang dibuat dari ikan air tawar.

Di Jepang, shottsuru dipersiapkan dari sarden, hering atau sisa-sisa limbah pengolahan ikan. Pembuatannya hampir sama dengan pembuatan kecap ikan lainnya. Penambahan antioksidan juga telah direkomendasikan dalam produk tersebut untuk mencegah ketengikan. Sedangkan petis di Indonesia dibuat dengan memasak dan mengkonsentratkan cairan fermentasi ikan yang telah digarami tadi dengan menambahkan sedikit tepung. Produk ini biasanya bermutu rendah dibanding dengan produk kecap ikan negara-negara Asia Tenggara lainnya karena perbandingan nitrogen dan garamnya agak rendah.

KANDUNGAN GIZI
Informasi Gizi
Ukuran Porsi
1 sdm
Per porsi
Energi
35 kj
8 kkal
Lemak
0,01g
Lemak Jenuh
0,001g
Lemak tak Jenuh Ganda
0,003g
Lemak tak Jenuh Tunggal
0,001g
Kolesterol
0mg
Protein
1g
Karbohidrat
1,22g
Serat
0,1g
Gula
0,27g
Sodium
902mg
Kalium
35mg




MANFAAT

Kecap ikan dibuat dari fermentasi ikan untuk mendapatkan sari ikan dan citarasa ikan yang nikmat. Namun apa sebenarnya fungsi kecap ikan? Kecap ikan memiliki peran penting dalam masakan terutama menjadi penyedap sekaligus memperkaya rasa. Rasanya yang asin dengan aroma menyengat adalah kelebihan yang dimiliki kecap ikan sebagai penyedap rasa.

Umumnya kecap ikan dimanfaatkan sebagai tambahan bumbu oseng, tumis, atau berbagai varian makanan lainnya yang termasuk oriental seperti makanan Jepang, Tiongkok atau peranakan.
Beberapa makanan yang menggunakan kecap ikan seperti sushi, shabu-shabu, tumis kangkung, membuat kimchi, sapo tahu, bakso ikan, dan lain sebagainya yang berbasis ikan atau makanan laut.











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis- jenis Lettuce

1. Lollo verde Di Indonesia, dikenal juga dengan sebutan selada keriting. Memiliki daun yang ramping dengan bagian ujung bergelombang. Tulang daunnya empuk, berwarna putih. Biasanya daun selada keriting ini berwarna hijau muda hingga kuning muda. Cita rasanya netral, cocok dipadukan dengan beragam dressingg. 2.    Lollo rosso Berada pada kategori yang sama dengan selada keriting. Bedanya, jenis dedaunan ini ujungnya berwarna kemerahan. Teksturnya lembut, namun tetap renyah. Dipercaya mengandung antioksidan jenis quercetin yang tinggi. Kerap digunakan sebagai campuran dalam mesclun. 3.    Iceberg lettuce  (Head lettuce) Kerap disebut selada bokor. Merupakan jenis selada dengan bonggol yang besar dengan lembaran daun berlapis-lapis yang padat. Teksturnya renyah dengan cita rasa segar. Di beberapa negara Eropa, selada jenis ini hanya bisa ditemukan pada musim panas. Setelah dipanen, selada bokor harus segera dikonsumsi karena daya tahannya hanya sekitar 24 jam.Bentuknya lebih mirip kol,

Utensil and Equipment *6*

Paddle Atttachment Fungsi : cocok untuk mengaduk thin batter, adonan cake, dan mashing potato. material : cast iron cara membersihkan : dicuci dengan sabun bilas dengan air bersih dan keringkan. Dough Arm Fungsi : mencampur adonan roti, atau adonan ber ragi Material : cast iron Cara membersihkan : dicuci dengan sabun bilas dengan air bersih dan keringkan. Bowl chopper Fungsi : alat pencampur daging, biasa digunakan untuk mencampur adonan bakso. Material : iron cara membersihkan : dibersihkan bagian yang kotor dengan kain basah lalu keringkan. Sheet pan Fungsi : tempat memanggang cake, rolls, cookies dan memanggang daging atau ikan. Material : stainless steel cara membersihkan : dicuci dengan sabun bilas air bersih dan keringkan. Roasting Pan  Fungsi : roasting daging dan poultry Material : stainless steel cara membersihkan : dicuci dengan sabun bilas air bersih dan keringkan. Fish Poacher  Fungsi : untuk merebus ikan

Daily Activity #6

Assalamualaikum wr.wb Hari ini kami oneline sebelum jam 8 dengan leader yang sama yaitu kak Alkis, kak Alkis mengabsen satu-persatu dan memeriksa ketajaman pisau kami. Nah setelah itu barulah kami memulai pembuatan rujak mie dan dojang nakeng. Prepar-an yang telah kami siapkan kemarin, yaitu sauce untuk rujak mie nya lalu timun yang sudah di potong lalu hari ini kkami merebus mie nya hingga matang lalu merendam sounnya. Lalu pembuatan dojang nakeng kami merebus prawn stock yang sudah di buat kemarin lalu merebus udang dan cumi didalam prawn stocktersebut.  Lalu mie untuk rujak mie sudah matang, dan kami menggoreng ikan beserta tofunya. untuk dojang nakeng prawn sama cumi yang sudah di rebus kemudian di campur dengan spice yang telah dibuat dan sesuaikan rasanya. semua telah siap lalu di plating untuk dibawa ke restoran. Ini adalah sejarah sedikit mengenai tofu,  Berbeda dengan tempe yang asli Indonesia, tahu justru berasal dari Tiongkok. Asal katanya diambil dari serapan b