Langsung ke konten utama

FOOD TERMINOLOGi

Yum Makeua yo 
Baba ghanoush (bahasa Arab بابا غنوج bābā ghanūj) adalah hidangan favorit Levantine terong (terong) yang dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bumbu. Seringkali terung dipanggang atau dipanggang di atas nyala api sebelum mengupas, sehingga ampasnya lembut dan memiliki rasa berasap. [1] Baba ghanoush biasanya dimakan sebagai saus dengan roti pita, dan kadang-kadang ditambahkan ke hidangan lainnya. Biasanya berwarna coklat muda yang bersahaja. Di Ethiopia, hidangan ini umumnya dikenal sebagai blagadoush.


Mutabbal

Mirip dengan baba ghanoush adalah hidangan Levantine lain mutabbal (متبل lit. 'dibumbui'), yang juga termasuk tumbuk terong matang dan tahini, dan dicampur dengan garam, lada, minyak zaitun, dan biji anar. Mutabbal kadang-kadang dikatakan sebagai versi spanyol dari baba ghanoush.

Kyopolou Bulgaria
Di Turki, meze serupa disebut patlıcan salatası ("terung salad"). [2] Ini dibuat dengan terung tumbuk, minyak zaitun, jus lemon dan bawang putih; kadang-kadang, tahini, tomat cincang dan lada hijau juga. Lebih sering, terong dicampur dengan yoghurt, minyak zaitun, dan bawang putih. Versi dengan potongan terong dapat ditemukan di Turki selatan, terutama di Antakya. Dalam varietas lain, yang disebut şakşuka atau köpoğlu, terong panggang dan cincang dan paprika disajikan dengan yogurt bawang putih atau saus tomat. Yang terakhir ini juga merupakan pembuka terong yang khas di Bulgaria, di mana ia disebut kyopolou. Hünkarbeğendi adalah hidangan Turki lainnya, yang merupakan daging kambing atau domba (saat ini juga daging sapi muda) rebus di mana daging disajikan panas di atas tempat tidur terong. Purée juga mengandung kaşar cheese, milk and flour.


 Khao Neow Ma Muany

Nasi ketan mangga (Thai: ข้าวเหนียว มะม่วง, RTGS: khaoniao mamuang, diucapkan [kʰâ (ː) w.nǐa̯w mā.mûa̯ŋ]) adalah makanan penutup tradisional Thailand yang dibuat dari beras ketan, mangga segar dan santan, dan dimakan dengan garpu, sendok, atau kadang-kadang tangan.  Meskipun berasal dari Thailand, ini dikonsumsi di seluruh wilayah Indochina di Asia Tenggara, termasuk Laos, Kamboja, dan Vietnam.  Mangga beras ketan biasanya dimakan di musim puncak mangga, bulan-bulan musim panas April dan Mei di Thailand.  Kedai ketan mangga yang terkenal di Bangkok seperti lingkungan Wong Wian Yi Sip Song Karakadakhom di Pom Prap Sattru Phai dekat Hua Lamphong, yang hanya akan dijual selama 4 bulan per tahun (Februari hingga Juni) , dan di lingkungan Samphrang di Phra Nakhon dekat Giant Swing dan Chao Por Suea Joss House, dengan Ban Mo dekat Si Kak Phraya Si Intersection dan Pak Khlong Talat dll.



kimchi 

See the source image    Kimchi adalah salah satu Makanan Tradisional Korea yang berupa asinan sayur yang difermentasi dan diberi bumbu pedas. Cara membuatnya pun tidak susah yaitu setelah sayuran digarami dan dicuci setiap helainya, sayuran akan dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe, dan bubuk cabai merah. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di Korea sendiri kimchi sering dihidangkan pada saat musim tertentu terutama pada musim dingin.



Muffin

            Muffin berasal dari kata ‘moufflet’ yang merupakan bahasa Perancis kuno. Moufflet berarti lembut, sesuai dengan dengan tekstur muffin yang lebih lunak dari pada roti pada umumnya. Kata ‘muffin’ diperkenalkan pada awal abad ke-18. Sedangkan resepnya mulai dikenal luas pada pertengahan abad tersebut. Sebenarnya, ada kebingungan membedakan antara muffin dan crumpets (kue tanpa pemanis). Muffin digunakan untuk mengacu pada produk turunan roti sedangkan crumpets mengarah pada pancake. Di Inggris nama muffin belum diketahui asal usulnya namun ada kemungkinan berasal dari kata ‘low german muffe’ yang berarti kue. Kata tersebut dipublikasikan di Inggris pada tahun 1703.

            Pada abad ke-19, muffin mulai populer dan menjadi hidangan saat minum teh. Di Inggris, tradisi ini sering disebut sebagai afternoon tea. Muffin disajikan sebagai kudapan utama pendamping teh hangat. Itu sebabnya kue ini pun dikenal dengan nama ‘tea cakes’. Makanan yang dibuat dengan menggunakan adonan ragi itu sangat nikmat jika disantap saat musim dingin. Saat era Victoria, muffin dijajakan oleh penjual kue jalanan. Muffin diletakkan ke dalam baki makanan yang berada di atas kepala mereka. Para penjual ini juga membunyikan bel tangan untuk memanggil calon pelanggan.

Butter Cake

           Butter Cake adalah kue di mana salah satu bahan utamanya adalah mentega . Kue mentega dipanggang dengan bahan dasar: mentega,gula , telur , tepung , dan zat ragi seperti baking powder atau baking soda . Ini dianggap sebagai salah satu kue klasik dalam masakan Amerika. Kue mentega berasal darikue pound  Inggris, yang secara tradisional menggunakan jumlah mentega, tepung, gula, dan telur yang sama untuk membuat kue yang kaya dan berat.

        Penemuan baking powder dan bahan-bahan ragi kimia lainnya selama abad ke-19 secara substansial meningkatkan fleksibilitas kue pon tradisional ini dengan memperkenalkan kemungkinan menciptakan kue lebih ringan dan ringan dengan menggunakan kombinasi bahan tradisional ini, dan inilah transformasi yang membawa perubahan modern. kue mentega

Bibimbap
Image result for bibimbap
Bibimbap, merupakan nama makanan yang berasal dari kata bibim yang
artinya campur dan bap yang berarti nasi. Jadi, bibimbap ini sejenis nasi
campur, nasi yang dicampur dengan berbagai macam bahan. Bibimbap terbuat
dari nasi putih yang dicampur dengan berbagai macam sayur, jamur, daging
sapi dan telur mentah. Tidak lupa pula, gochujang, saus pedas khas Korea.
Penyajian bibimbap pun cukup unik, seperti nasi pecel mungkin kalau di Indonesia. Jadi di bagian bawah
terdapat nasi putih dan di atasnya diberi sayur, lauk dan saus.


 Bulgogi
Image result for bulgogi
Bulgogi adalah salah satu makanan yang berasal dari Korea Selatan, bisa juga
disebut dengan pulgogi. Untuk membuatnya, kamu terlebih dahulu harus
menyiapkan daging sapi yang sudah diiris tipis. Daging sapi tersebut kemudian
dimasak dengan cara dipanggang atau digoreng. Tapi, sebelum dimasak,
tentunya daging sapi tersebut dibumbui terlebih dahulu. Bumbu yang biasa
digunakan untuk membuat bulgogi adalah kecap, gula, lada, minyak wijen,
jahe dan bawang putih. Setelah matang, bulgogi biasa disajikan bersama dengan lauk lain yang
ditempatkan pada mangkuk kecil. Biar tambah mantab, kadang bulgogi juga diberi tambahan saus
sambal.


Tacos
Hasil gambar untuk tacos
Tacos atau taco adalah kuliner khas Meksiko yang paling terkenal di dunia saat ini. Makanan ini biasanya terdiri dari roti tortila dan isinya adalah daging sapi, daging babi atau daging ayam, tomat, selada dan keju. Dan makanan ini sering disantap dengan pelengkap saus salsa atau saus guacamole.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis- jenis Lettuce

1. Lollo verde Di Indonesia, dikenal juga dengan sebutan selada keriting. Memiliki daun yang ramping dengan bagian ujung bergelombang. Tulang daunnya empuk, berwarna putih. Biasanya daun selada keriting ini berwarna hijau muda hingga kuning muda. Cita rasanya netral, cocok dipadukan dengan beragam dressingg. 2.    Lollo rosso Berada pada kategori yang sama dengan selada keriting. Bedanya, jenis dedaunan ini ujungnya berwarna kemerahan. Teksturnya lembut, namun tetap renyah. Dipercaya mengandung antioksidan jenis quercetin yang tinggi. Kerap digunakan sebagai campuran dalam mesclun. 3.    Iceberg lettuce  (Head lettuce) Kerap disebut selada bokor. Merupakan jenis selada dengan bonggol yang besar dengan lembaran daun berlapis-lapis yang padat. Teksturnya renyah dengan cita rasa segar. Di beberapa negara Eropa, selada jenis ini hanya bisa ditemukan pada musim panas. Setelah dipanen, selada bokor harus segera dikonsumsi karena daya tahannya hanya sekitar 24 jam.Bentuknya lebih mirip kol,

Utensil and Equipment *6*

Paddle Atttachment Fungsi : cocok untuk mengaduk thin batter, adonan cake, dan mashing potato. material : cast iron cara membersihkan : dicuci dengan sabun bilas dengan air bersih dan keringkan. Dough Arm Fungsi : mencampur adonan roti, atau adonan ber ragi Material : cast iron Cara membersihkan : dicuci dengan sabun bilas dengan air bersih dan keringkan. Bowl chopper Fungsi : alat pencampur daging, biasa digunakan untuk mencampur adonan bakso. Material : iron cara membersihkan : dibersihkan bagian yang kotor dengan kain basah lalu keringkan. Sheet pan Fungsi : tempat memanggang cake, rolls, cookies dan memanggang daging atau ikan. Material : stainless steel cara membersihkan : dicuci dengan sabun bilas air bersih dan keringkan. Roasting Pan  Fungsi : roasting daging dan poultry Material : stainless steel cara membersihkan : dicuci dengan sabun bilas air bersih dan keringkan. Fish Poacher  Fungsi : untuk merebus ikan

Daily Activity #6

Assalamualaikum wr.wb Hari ini kami oneline sebelum jam 8 dengan leader yang sama yaitu kak Alkis, kak Alkis mengabsen satu-persatu dan memeriksa ketajaman pisau kami. Nah setelah itu barulah kami memulai pembuatan rujak mie dan dojang nakeng. Prepar-an yang telah kami siapkan kemarin, yaitu sauce untuk rujak mie nya lalu timun yang sudah di potong lalu hari ini kkami merebus mie nya hingga matang lalu merendam sounnya. Lalu pembuatan dojang nakeng kami merebus prawn stock yang sudah di buat kemarin lalu merebus udang dan cumi didalam prawn stocktersebut.  Lalu mie untuk rujak mie sudah matang, dan kami menggoreng ikan beserta tofunya. untuk dojang nakeng prawn sama cumi yang sudah di rebus kemudian di campur dengan spice yang telah dibuat dan sesuaikan rasanya. semua telah siap lalu di plating untuk dibawa ke restoran. Ini adalah sejarah sedikit mengenai tofu,  Berbeda dengan tempe yang asli Indonesia, tahu justru berasal dari Tiongkok. Asal katanya diambil dari serapan b